Pada tema lima subtema dua kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 mata pelajaran IPA membahas wacana sifat hantaran panas pada benda. Mata pelajaran matematika membahas wacana volume campuran berdiri ruang. Bahasa Indonesia membahas wacana menyajikan teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah wacana penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan goresan pena dengan menentukan dan memilah kosakata baku.
Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, pada cuilan tamat dilaksanakan penilaian pembelajaran. Berikut ini soal penilaian pada tema lima subtema dua kelas vi perjuangan di sekitarku.
1. Jelaskan makna saling ketergantungan dalam wirausaha untuk pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia.
Dalam wirausaha, terdapat saling ketergantungan antara banyak sekali pihak untuk menghasilkan barang dan jasa. Sebagai contoh: kalau pengrajin memproduksi patung nusantara dalam jumlah banyak, dan produk tersebut dipasarkan ke banyak sekali wilayah di dalam dan luar negeri, Pengusaha tersebut membutuhan impotir dan pedagang untuk sanggup menjual hasil kerajinan. Wirausaha sangat kuat sekali kemajuannya dengan pertumbuhan perekonomian bangsa. apabila wirausaha maju dan berkembang otomatis pertumbuhan perekonomian bangsa pun akan bertambah.
2. Jelaskan pemahamanmu wacana sifat hantaran panas pada benda. Beri pola dari benda-benda yang terdapat di rumahmu. Lengkapi dengan gambar.
Panas suatu benda tergantung pada suhu benda tersebut. Semakin tinggi suhu benda, maka benda semakin panas. Panas berpindah dari kawasan yang bersuhu tinggi ke kawasan bersuhu rendah.
Konduktor Panas
- Konduktor panas ialah benda-benda yang sanggup menghantarkan panas.
- Bahan yang sanggup dipakai untuk penghantar panas ialah logam dan kaca.
- Macam-macam logam antara lain aluminium, besi, baja, perak dan kuningan. Sedangkan beling yang tahan panas ialah pyrex.
- Aluminium ialah jenis logam penghantar yang paling cocok untuk materi menciptakan alat masak menyerupai penggorengan, panci dst.
Isolator Panas
Isolator panas ialah benda-benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Macam-macam isolator yaitu:
- Kayu, dimanfaatkan untuk menciptakan peralatan dapur contohnya sendok nasi.
- Plastik, dimanfaatkan untuk menciptakan peralatan dapur contohnya gelas dan piring
- Kain, dipakai untuk materi alat atau serbet
- Styrofom, dipakai untuk mengemas makan dan minuman hangat.
- Ebonit, dipakai untuk pegangan biar tidak cepat panas, contohnya pegangan ceret dan panci.
- Karet, biasanya dicampur dengan materi plastik, contohnya pada pegangan seterika.
- Konduksi/hantaran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan zat yang dilaluinya. Contohnya besi yang dipanaskan ujungnya akan menghantarkan panas keseluruh besi
- Konveksi/aliran, yaitu perpindahan panas melalui sutu zat disertai dengan perpindahan zat yang dilalui. Contohnya pergantian mengalirnya angin darat dan angin bahari dan air yang direbus.
- Radiasi / pancaran, yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara. Contoh : api unggun, matahari.
3. Sebuah berdiri ruang campuran dari balok dan limas segi empat dengan ukuran balok 10 cm x 12 cm x 15 cm. Sisi cuilan atas balok berhimpit dengan bantalan limas.
a. Gambarlah denah berdiri campuran tersebut. Lengkapi dengan ukuran sisi yang telah diketahui.b. Jika volume berdiri campuran tersebut ialah 2280 cm³, berapakah tinggi limas?
Volume campuran = volume balok + volume limas segiempat.
Volume balok = p x l x t = 12 x 10 x 15 = 1.800 cm³
Volume limas = Volume campuran - volume balok = 2.280³ - 1.800³ = 480 cm³
Luas bantalan Limas = 12 x 10 = 120 cm²
Volume Limas = | 1 | x Luas bantalan x Tinggi |
3 |
Tinggi = | 3 x volume |
Luas Alas |
Tinggi = | 3 x 480 | = | 1.440 |
120 | 120 |
Soal Penilaian Tema 5 Subtema 2: Perjuangan Di Sekitarku
Reviewed by dannz
on
9:51 PM
Rating: