Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dari beberapa mata pelajaran. Matematikaa membahas perihal mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan daerah bermain dengan satuan derajat. IPA membahas perihal mengidentifikasi cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan. PKn membahas perihal menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ialah soal penilaian tema dua subtema dua kelas vi kurikulum 2013.
Gotong Royong
Peluh membasahi seluruh tubuhnya. Kaosnya mulai berair oleh keringat. Bongkahan-bongkahan kerikil besar acak-acakan menjadi kepingan-kepingan kecil ditimpa ayunan besi dari para warga desa. Batu-batu yang acak-acakan itu lalu berjajar rapi membentuk barisan yang tampak bagaikan sungai yang berliku membelah hijaunya hamparan hutan dan perkebunan di desa.
Warga desa Kenongo kecamatan Gucialit hari ini sedang bergotong royong membangun jalan di desa mereka. Mereka setuju secara swadaya membangun jalan untuk mempermudah kehidupan warga. Dengan kecintaan akan desanya serta semangat persatuan, mereka bergotong royong menyebarkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka. Sebagian warga bertugas menyiangi rumput yang masih tersisa, sebagian lagi bergantian memecah kerikil dan menyusunnya di sepanjang jalanan yang telah terbuka.
Waktu makan ialah ketika yang ditunggu-tunggu oleh para warga. Mereka bahu-membahu menggelar daun pisang dan menikmati kuliner yang telah disiapkan oleh para ibu di dapur umum. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah peribahasa yang sempurna untuk menggambarkan semangat persatuan dan kolaborasi para warga desa.
Jawab pertanyaan berikut!
- Apa yang dilakukan oleh warga desa Kenongo? Bergotong royong membangun jalan desa.
- Bagaimana nilai-nilai persatuan warga desa tersebut? Mereka bergotong royong menyebarkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka.
- Bagaimana hubungan antara kemerdekaan dengan acara warga desa tersebut? Jelaskan! Kegiatan warga desa membangun jalan desa merupakan bentuk warga negara dalam melakukan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.
- Apakah tujuan mereka tercapai? Jelaskan! Mereka berhasil membangun jalan dengan cara gotong royong.
2. Tuliskan kembali dongeng tersebut dalam bentuk ringkasan!
Warga desa Kenongo Kecamatan Gucialit bergotong royong membangun jalan desa mereka. Mereka bergotong royong menyebarkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka. Sebagian warga ada yang memecah kerikil menjadi pecahan-pecahan kecil, ada yang menyiangi rumput, dan menyusun batu-batu di sepanjang jalan. Saat makan mereka menggelar daun pisang dan menikmati kuliner oleh para ibu di dapur umum. Semangat persatuan mereka bisa mencapai tujuan membangun sebuah jalan.
Temukan besar sudut berikut tanpa memakai busur!
Besar sudut a = sudut a sudut dalam sepihak jumlahnya 180° sehingga a = 180° - 119° = 61°
Besar sudut b = sudut b sudut sehadap besarnya sama yaitu 131°
Besar sudut c = sudut c sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 120°
Besar sudut d = sudut d sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 106°
Besar sudut e = sudut e sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 51°
Besar sudut f = sudut f sudut sehadap sama besarnya yaitu 59°
Besar sudut g = sudut g sudut sehadap sama besarnya yaitu 79°
Besar sudut h = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga h = 180° - 125° = 55°
Besar sudut j = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga j = 180° - 105° = 75°
Besar sudut m = sudut m berseberangan dengan n sehingga m = 103°
Besar sudut n = sudut n sudut berpelurus jumlahnya 180° sehingga n = 180° - 77° = 103°
Besar sudut p = sudut p sudut bertolak belakang dengan q sehingga p = 138°
Besar sudut q = sudut p sudut luar sepihak sehingga q = 180° - 42° = 138°
4. Ceritaku perihal sudut
- Buatlah soal dongeng perihal sudut dalam kehidupan sehari-hari.
- Tukarlah soal dongeng yang telah anda buat untuk dijawab oleh temanmu.
- Periksa balasan temanmu dan diskusikan bersama!
Gambar Hewan | Sistem Adaptasi | |
---|---|---|
Bentuk paruh | Paruh itik ibarat sudu dan pangkal bergerigi mempunyai kegunaan untuk menyaring kuliner dari air dan lumpur. | |
Bentuk kaki | Fungsi ciri khusus angsa mempunyai kaki berselaput ialah memudahkan angsa dalam berenang. | |
Jenis makanan | Hewan kecil | |
Tempat hidup | Air | |
Bentuk paruh | Paruh ayam pendek, tebal, runcing, dan tajam sesuai dengan makanannya yaitu binatang kecil dan biji-bijian | |
Bentuk kaki | Jari kaki panjang mempunyai kegunaan untuk mengais maknan yang ada di dalam tanah. | |
Jenis makanan | Biji-bijian | |
Tempat hidup | Darat |
a. Adakah hubungan antara bentuk bab badan dengan jenis kuliner serta daerah hidupnya? Jelaskan! Bebek mempunyai paruh ibarat sudu alasannya ialah mencari kuliner dalam air dan lumpu, ayam mempunyai paruh pendek, tebal dan runcing sesuai makanannya yaitu biji-bijian dan binatang kecil. Bebek mempunyai kaki berselaput alasannya ialah biasanya mencari makan dalam air, ayam mempunyai jari kaki panjang untuk mengais kuliner dalam tanah.
b. Simpulkanlah apa fungsi dari sistem pembiasaan hewan! Sistem pembiasaan binatang mempunyai kegunaan untuk beradaptasi dengan daerah hidupnya dan untuk mencari maknan.
Soal Penilaian Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Reviewed by dannz
on
7:51 PM
Rating: