Jujur, disiplin, dan sanggup dipercaya ialah nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin tidak harus selalu memimpin orang lain atau memimpin suatu organisasi. Kita semua ialah pemimpin. Kita harus sanggup memimpin diri kita sendiri. Kali ini kita akan berguru wacana kejujuran dan kepercayaan. Kedua nilai tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh semua pemimpin.
Dalam sebuah acara permainan berkelompok harus ada seorang pemimpin biar kerjasama dalam kelompok berjalan dengan baik. Tujuan permainan ialah untuk memupuk sikap-sikap dasar seorang pemimpin. Dalam acara ini permainan sanggup dijadikan sarana latihan secara eksklusif bagi akseptor didik wacana kepemimpinan.
Hari ini kita akan berolahraga dengan permainan yang berbeda. Permainan ini disebut ‘Ayunkan Tangan, Masukkan Bolanya’. Cara bermainnya ialah sebagai berikut.
- Kelas dibagi menjadi 4 kelompok.
- Satu kelompok terdiri dari 8 pemain.
- Pemain berbaris dalam kelompok.
- Guru menyiapkan keranjang atau bejana untuk diisi empat bola.
- Keranjang atau bejana diletakkan di tengah lapangan.
- Bergiliran, setiap pemain melompat menuju ke arah keranjang atau bejana (seperti posisi di gambar) dan mengambil bola.
- Saat pemain mendekati ring basket (pemain bangkit sesuai dengan tanda yang dibentuk guru), bola kemudian dilempar ke arah ring basket.
- Bola yang jatuh kemudian diambil pemain, dan dari arah ring basket (pemain kembali bangkit di tanda yang telah dibentuk guru), pemain melempar bola ke dalam keranjang atau ember.
- Setelah mendapat giliran, setiap pemain harus kembali ke barisannya dengan menempati posisi pada barisan belakang.
- Setiap pemain harus melompat dikala menuju ke ring basket dan dikala kembali ke barisan.
- Saat melompat, pemain harus melompat dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan.
Sebelum mulai bermain, ayo diskusikan teknik melompat dengan mengayun tangan.
- Posisi siap dengan posisi kedua kaki sejajar dan ditekukkan membentuk sudut 120 derajat.
- Posisi kedua tangan lurus ke depan.
- Lompat, ayun kedua tangan ke belakang.
- Mendarat dengan posisi kedua kaki sejajar menyerupai langkah pertama.
- Lakukan hal sama menyerupai langkah nomor 2. Begitu seterusnya hingga menuju garis.
Berikut ialah bagaimana memasukkan bola ke dalam target. Ayo, pelajari caranya!
- Saat memegang bola, tekuklah lutut membentuk sudut 120 derajat. Hal ini dilakukan biar mendapat kekuatan penuh dikala melempar bola.
- Bola diangkat dengan ketinggian di atas kepala.
- Angkat lengan dan arahkan bola ke target.
- Lempar bola ke target. Kamu boleh berjinjit atau melompat dikala melakukannya.
Setiap kelompok terdiri dari 8 pemain. Di dalam setiap keranjang terdapat bola dengan warna berbeda; 4 bola merah, 2 bola biru dan 2 bola kuning. Pemain pertama harus mengambil bola secara acak dan memasukkannya ke dalam keranjang hingga bola tersebut jatuh kembali ke dalam keranjang. Pemain ke dua melaksanakan hal yang sama. Begitu seterusnya. Setiap pemain mendapat satu kali kesempatan melempar.
Berdasarkan acara di atas, lakukanlah percobaan untuk mengetahui peluang untuk masing-masing warna bola. Sajikanlah karenanya ke dalam diagram.
Jumalah bola ada 8, 4 bola merah, 2 bola biru, dan 2 bola kuning. Jumlah siswa 4 x 8 = 32 siswa.
Peluang Bola Merah = | 4 | x 32 = | 128 : 8 | = 16 |
8 | 8 : 8 |
Peluang Bola Biru = | 2 | x 32 = | 64 : 8 | = 8 |
8 | 8 : 8 |
Peluang Bola Kuning = | 2 | x 32 = | 64 : 8 | = 8 |
8 | 8 : 8 |
Sekarang, cobalah bermain dengan nilai-nilai kepemimpinan berikut! Bersama teman kelompokmu, ambillah enam tutup botol. Tulislah dua mukanya dengan goresan pena ‘disiplin’, tiga mukanya dengan tulisan‘ jujur’ dan satu mukanya dengan goresan pena ‘bisa dipercaya’.
Tebaklah nilai kepemimpinan mana yang akan sering muncul dan jarang muncul sesudah dilempar empat kali. Kemudian buktikan dengan percobaan. Tulisan mana yang harus kita ubah sehingga goresan pena ‘bisa dipercaya’ sanggup sering muncul?
Jumlah tutp botol ada 6, disiplin 2, sanggup dipercaya 1, dan jujur ada 3, jumlah lemparan 4 kali
Peluang Disiplin = | 2 | x 4 = | 8 : 2 | = | 4 |
6 | 6 : 2 | 3 |
Peluang Bisa Dipercaya = | 1 | x 4 = | 4 : 2 | = | 2 |
6 | 6 : 2 | 3 |
Peluang Jujur = | 3 | x 4 = | 12 : 6 | = 2 |
6 | 6 : 6 |
Nilai kepemimpinan yang berpeluang sering muncul ialah jujur, sedangkan yang pelaungnya sedikit ialah sanggup dipercaya. Agar peluang sanggup dipercaya lebih sering muncul sanggup diubah dengan peluang sanggup dipercaya menjadi 3 dan jujur menjadi 1.