Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M

Tahukah anda bahwa nyamuk yaitu salah satu binatang yang sangat berbahaya. Meski ukuran tubuhnya kecil dan berat badannya 2-2,5 miligram, sampai sekarang nyamuk masih menjadi musuh yang belum terkalahkan. Setiap tahun, nyamuk berbagi virus dan parasit, mengakibatkan jutaan orang terjangkit malaria dan ratusan ribu orang menderita demam berdarah dengue di Indonesia. Penyakit kaki gajah, chikungunya, dan radang akut susunan saraf yaitu beberapa jenis penyakit lainnya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Setiap tahun, insiden penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan demam isu penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari sampai ke penghujung tahun. Dalam penanganan DBD, tugas serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh risikonya aktivitas Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada demam isu penghujan.

PSN perlu ditingkatkan terutama pada demam isu penghujan dan pancaroba, alasannya meningkatnya curah hujan sanggup meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali mengakibatkan insiden luar biasa (KLB) terutama pada ketika demam isu penghujan.

Menyadari ancaman dari banyak sekali penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, maka keluarga Bapak Amir yang tinggal di Kampung Sehat Melati secara rutin melaksanakan pencegahan. Apa yang dilakukan oleh keluarga Bapak Amir untuk mencegah penyakit menular tersebut? Ayo kita cari tahu.

Untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk di sekitar rumah, maka Pak Amir bersama dengan seluruh anggota keluarga melaksanakan gerakan PSN 3M. Apa itu gerakan PSN 3M?
 Tahukah anda bahwa nyamuk yaitu salah satu binatang yang sangat berbahaya Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M
PSN 3M yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan menguras, menutup, dan mengubur. PSN merupakan kegiatan memberantas telur, jentik, dan kepompong nyamuk penular banyak sekali penyakit.
  1. Menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air menyerupai kolam mandi, tatakan kulkas, tatakan pot kembang dan kawasan air minum burung.
  2. Menutup rapat-rapat kawasan penampungan air menyerupai lubang kolam kontrol, lubang pohon, lekukan-lekukan yang sanggup menampung air hujan.
  3. Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang sanggup menampung air menyerupai ban bekas, kaleng bekas, plastik-plastik yang dibuang sembarangan (bekas botol/gelas akua, plastik kresek,dll)

Selain itu, keluarga Bapak Amir juga berupaya untuk menghindari gigitan nyamuk dengan memasang kelambu di kawasan tidur, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam kamar, pencahayaan rumah dan ventilasi yang baik, memperbaiki susukan dan talang air yang rusak, serta menanam pohon pengusir nyamuk menyerupai zodia, lavender, dan rosemary.

Saat ini Adapun pemerintah sedang menggalakan gerakan 3 m Plus. Yang dimaksud dengan 3M Plus yaitu segala bentuk kegiatan pencegahan menyerupai 1) Menaburkan bubuk larvasida pada kawasan penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu ketika tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang sanggup menjadi kawasan istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Membuat Ekstrak Bawang Putih
Tahukah anda bahwa nyamuk pergi alasannya anyir yang sangat menyengat. Bawang putih yaitu salah satu materi alami yang memiliki anyir menyengat. Di dalam bawang putih terdapat zat allicin yang mengakibatkan aroma yang sangat kuat. Di samping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang menciptakan nyamuk pergi.

Bahan-bahan dan alat:
  1. Bawang putih 500g
  2. Air 250 ml
  3. Minyak tanah 1 sdm
  4. Sabun cair 1 sdm

Cara Membuat
  1. Haluskan bawang putih bersama air memakai blender (jika tidak ada blender, sanggup memakai alat tradisional penghancur bumbu).
  2. Kemudian tambahkan 1 sendok minyak tanah
  3. Biarkan selama 24 jam
  4. Setelah 24 jam tambahkan 1 sendok sabun encer
  5. Kemudian encerkan memakai air dengan perbandingan 1:20
  6. Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan
  7. Semprotkan di ruangan yang banyak nyamuk
Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M Pemberantasan Sarang Nyamuk Tiga M Reviewed by dannz on 11:11 AM Rating: 5