Soal Penilaian Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya

Tema delapan subtema dua kelas 6 sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberpa kompetensi dasar. Bahasa Indonesia dengan KD Menyajikan teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah wacana penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

PPKn dengan KD Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam
membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan. Matematika dengan KD Menentukan mekanisme pemecahan duduk kasus dengan menganalisis korelasi antar simbol, gosip yang relevan, dan mengamati pola.

Sedangkan SBdP dengan KD Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi menurut hasil pengamatan. Mata Pelajaran IPA dengan KD Melaksanakan percobaan
wacana hantaran dan perubahan benda akhir efek suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut.

Mata pelajaran IPS dengan KD Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya. Berikut ini referensi soal penilaian tema 8 subtema 2 Bumiku dan Musimnya.
 Bahasa Indonesia dengan KD Menyajikan teks klarifikasi  Soal Evaluasi Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang anda ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat mengakibatkan korelasi saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.

2. Apa yang terjadi jikalau semua orang mempunyai profesi yang sama?
Semua kebutuhan insan tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.

3. Tuliskan cara yang sanggup dilakukan semoga seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun mempunyai keragaman pekerjaan!
Cara yang sanggup dilakukan semoga seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi ialah dengan saling menghargai profesi masing-masing alasannya ialah setiap profesi diharapkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.

4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.

5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi ialah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan usang siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang

6. Apa yang anda ketahui wacana pemuaian?
Pemuaian ialah bertambahnya ukuran suatu benda alasannya ialah efek perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda alasannya ialah mendapatkan kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas

7. Bagaimana efek suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan besar lengan berkuasa terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).

8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang sanggup timbul alasannya ialah perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
Nama
Penyakit
Jenis
Penyakit
GejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggiVirusMengkonsumsi air putih  sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Demam Berdarah MenularDemam secara datang – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulitNyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin CVirusMengkonsumsi cairan oralit 
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat tubuh tanpa ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam, terutama sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak pribadi dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam.Virus Varicella Zoster Menjaga kebersihan dan Vaksinasi ialah cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan gampang lelah.  Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.Parasit PlasmodiumMembersihkan kolam mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Disentri MenularDi samping diare, tanda-tanda disentri lainnya mencakup kram perut, mual atau muntah, serta demam.BakteriSenantiasa mencuci tangan dengan air bersih.
Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan
Jangan memakai handuk atau peralatan makan yang sama dengan pengidap.
9. Tuliskan cara yang sanggup dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri mencakup kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri sanggup dilakukan dengan: Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
  1. Mandi dua kali sehari
  2. Menggosok gigi dikala hendak tidur dan pagi hari sesudah berdiri tidur
  3. Memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.

10. Perhatikan pola bentuk di bawah ini!
Buatlah tabel data masuk dan keluar menurut gambar di atas!
PolaBanyak Segitiga
1 1 x 2 - 1 = 1
2 2 x 2 -1 = 3
3 3 x 2 - 1 = 5
4 4 x 2 - 1 = 7
5 5 x 2 - 1 = 9
6 6 x 2 - 1 = 11
Pola apa yang anda temukan? Jelaskan. Pola yang ada dalam tabel di atas ialah data keluar = data masuk x 2 - 1

11. Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
 Bahasa Indonesia dengan KD Menyajikan teks klarifikasi  Soal Evaluasi Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya
Pola apa yang anda temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
PolaBanyak Persegi
1  2
2 5
3 6
4 7
Pola yang ada pada berdiri 1 ialah data keluar = data keluar +3

Pola apa yang anda temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
PolaBanyak Persegi
1 2
2 4
3 6
4 8
Pola yang ada pada berdiri 2 ialah data keluar = data masuk x 2

12. Perhatikan data berikut!
Data MasukData Keluar
1 1 x 2 = 2
2 2 x 2 = 4
3 3 x 2 = 6
4 4 x 2 = 8
Gambarkan data di atas pada kertas berpetak. Gambarkan juga bentuk yang ke-6. Data keenam ialah 6 x 2 = 12
Soal Penilaian Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya Soal Penilaian Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya Reviewed by dannz on 1:44 PM Rating: 5