Membuat Karya Flanel Relasi Matahri, Bumi, Dan Bulan

Selain anda sanggup menjelaskan semua perihal Bumi, Matahari, dan Bulan  juga sanggup menciptakan sebuah karya yang bertemakan bumi, Matahari, dan Bulan. Kita akan memakai kain flanel dalam menciptakan karya tersebut. Sebelum menciptakan sebuah karya, terlebih dahulu perlu dibentuk desainnya. Untuk menciptakan karya kerajinan kain flanel, sebelumnya kita akan berlatih teknik jahit tusuk feston.

Pada ketika Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, ada kalanya seluruh cahaya Matahari dihalangi Bulan, sehingga terjadi gerhana Matahari total. Ada kalanya juga hanya sebagian cahaya Matahari yang terhalang, sehingga pengamat di Bumi yang berada dalam jalur gerhana masih sanggup melihat sebagian piringan Matahari. Gerhana ini disebut sebagai gerhana Matahari sebagian.

Selain itu ada juga gerhana Matahari cincin, yang terjadi ketika piringan Bulan yang menghalangi cahaya Matahari lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, Bulan menghalangi sebagian besar cahaya Matahari dan menyisakan bulat cincin Matahari yang tidak tertutupi piringan Bulan.

A. Rancangan Karya
Sebelum menciptakan karya terlebih dahulu menciptakan rancangan karya tersebut. Buatlah beberapa rencana atau rancangan dari karya yang akan dibuat. Gambarkan ide-ide rancanganmu pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan mengguanakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hindari penggunaan penghapus. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya menyerupai pada gambar di bawah ini.
Selain anda sanggup menjelaskan semua perihal Bumi Membuat Karya Flanel Hubungan Matahri, Bumi, dan Bulan
B. Tusuk Feston
Tusuk Feston merupakan salah satu tusuk dasar menjahit yang dipakai untuk menjahit beraneka macam kerajinan dari kain flanel. Dalam pembuatan kerajinan dari kain flanel, tusuk feston biasanya juga dikombinasikan dengan tusuk jelujur dan tusuk tikam jejak.Teknik ini dipakai untuk menutupi kain yang akan kita masukkan ke dalam kain flanel. Kerjakan langkah-langkah berikut!
  1. Siapkan benang dan jarum. Pada tahap persiapan, alat dan materi utama yang diperlukan, yaitu jarum dan benang.
  2. Masukkan benang pada lubang jarum. Panjang benang disesuaikan.
  3. Setelah benang terpasang, buatlah simpul mati di ujung benang untuk menahan supaya jahitan pertama tidak lepas dari kain.

Langkah-langkah menciptakan sebagai berikut.
Selain anda sanggup menjelaskan semua perihal Bumi Membuat Karya Flanel Hubungan Matahri, Bumi, dan Bulan
  1. Langkah 1. Tusukkan jarum pada kain flanel menyerupai pada gambar di samping. Jika anda gres mulai dari awal, tusukkan jarum dari bawah ke atas, sehingga posisi simpul benang berada pada bab bawah kain flanel. Lanjutkan ke langkah 2.
  2. Langkah 2. Tariklah jarum yang ditusukkan pada langkah 1 dan benang pun mengikutinya. Perhatikan: hal yang paling penting pada langkah kedua ini yakni posisi dari jarum di atas benang. Lihat posisi jarum dan benang di bab kiri atas. Di sinilah kunci dari tusuk feston. Jika posisinya salah, maka hasilnya akan berbeda.
  3. Langkah 3. Perhatikan tumpukan benang. Setelah benang ditarik, perhatikan hasil akhirnya, terutama posisi tumpukan benang. Jika sudah sesuai dengan gambar di samping maka tinggal dikencangkan saja. Tahap selanjutnya menciptakan tusuk feston sudah selesai. Ulangi melaksanakan ketiga langkah di atas hingga semua bab sisi dijahit hingga selesai.

C. Hasil Karya
Setelah semua bab karya selesai dikerjakan langkah selanjutnya yakni merangkai bagian-bagian tersebut menjadi sebuah karya yang menjelaskan hubungan matahari, bumi, dan bulan menyerupai gambar di bawah ini.

Setelah berguru gerhana Bulan, tentunya pemahamanmu perihal Bumi, Matahari, dan Bulan semakin lengkap dengan menciptakan karya tersebut. Dengan karya tersebut kita sanggup mengerti bagaiman afenomena alam tersebut terjadi.
Membuat Karya Flanel Relasi Matahri, Bumi, Dan Bulan Membuat Karya Flanel Relasi Matahri, Bumi, Dan Bulan Reviewed by dannz on 2:24 PM Rating: 5