Instalasi Sistem Operasi Multiboot

Multi boot ialah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer mempunyai lebih dari satu sistem operasi. Multiboot sering dipakai untuk menyebutkan sistem operasi Linux yang terinstall berdampingan dengan sistem operasi windows. Sistem ini memungkinkan untuk mendampingkan sistem windows dengan windows, windows dengan Linux, Linux dengan sistem operasi lain menyerupai Mac, Solaris, BSD, antar Linux yang berbeda distro. Dalam acara berguru ini hanya membahas sistem multiboot windows 7 dan windows 8.

Apabila disyaratkan untuk ada lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer, maka opsi ini sanggup dipilih untuk memungkinkan penggunaan lebih dari satu sistem operasi. Nantinya, setiap sistem operasi akan ditempatkan pada partisinya masing-masing. Oleh alasannya ialah itu, perlu ada persiapan partisi sebelum melaksanakan instalasi multi-boot. Pastikan partisi untuk sistem operasi windows 8 sudah dibuat 

Baca Juga : Cara Menambah dan Menghapus Partisi

A. Instalasi Sistem Operasi Windows 8
Langkah-langkah proses instalasi windows 8 sebagai rangkaian instalasi sustem operasi multiboot ialah sebagai berikut :

Baca juga : Install Windows 8

B. Penggunaan Aplikasi EasyBCD
EasyBCD ialah sebuah software alat bantu gratis, dari "neosmart technology" yang mempunyai fungsi untuk mengatur booting, menambah sajian boot, dan segala sesuatu wacana boot. Software ini sangat mempunyai kegunaan ketika pengguna ingin melaksanakan dual booting sistem operasi baik itu Linux-Window, maupun Window-Window.

Software ini sanggup dipakai ketika sistem booting manager tidak sanggup membaca salah satu satu sistem dari dual sistem yang telah terpasang. Hal ini terjadi ketika pengguna menginstal sistem operasi versi gres terlabih dahulu (misal windows 8) lalu gres menginstal sistem versi usang (misal windows 7).

Pada ketika pengguna menginstall Window Versi Baru lalu install Window Versi Lama maka Booting dari window Versi gres tidak akan terdeteksi. Pada ketika pengguna menghidupkan komputer tidak akan ada pilihan booting apapun. Untuk mengatasi permaslahan ini pengguna sanggup memanfaatkan software EasyBCD untuk memunculkan pilihan bootingnya.

Prosedur menambahkan sistem operasi (windows 8) ke daftar boot menejer jikalau tidak terdeteksi memakai software easyBCD. Disamping itu juga menjelaskan proses pengaturan windows 8 sebagai prioritas pertama dalam windows boot manajer.

Langkah 1
Pastikan sistem operasi windows 7 dan windows 8 sudah terpasang dengan benar dan sanggup berfungsi dengan normal. Download software easyBCD secara gratis di nternet. Instal software EasyBCD yang telah didownload dan pastikan telah terpasang dengan benar. Jalankan aplikasi easyBCD.
Klik add new entry,
 Multi boot ialah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer mempunyai lebih dari satu  Instalasi Sistem Operasi Multiboot
Langkah 2
Muncul halaman gres :
 Multi boot ialah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer mempunyai lebih dari satu  Instalasi Sistem Operasi Multiboot
Keterangan:
Lihat Panah Sesuai Nomor
  1. Ini ialah pilihan sistem operasi, pilih OS yang akan ditambahkan bootingnya. Karena menambahkan sajian booting Window 8 maka pilih pada window.
  2. Pilih Type/Versi sistem operasinya. Pilih window 8,
  3. Name ialah nama sistem operasinya. Nama sanggup diganti sesuai dengan impian (misal window 8).
  4. Drive (local disk). Pilih drive dimana pengguna telah menginstall window 8 (drive dimana daerah menginstall sistem operasi yang akan anda tampilkan dalam sajian boot).
  5. Jika sudah benar pengaturannya, klik Add Entry
  6. Kemudian Klik Edit Boot sajian untuk mengatur prioritas sistem operasi yang akan ditampilkan dalam boot manajer.
Langkah 3
Langkah berikutnya ialah mengatur Boot menu:
 Multi boot ialah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer mempunyai lebih dari satu  Instalasi Sistem Operasi Multiboot
Keterangan:
  1. Jika pada langkah sebelumnya benar, maka akan ada tampilan sepeti terlihat pada gambar yang ditunjukan panah nomor 1.
  2. Ini ialah sajian untuk memodifikasi sajian entries: UP/Down: menaikan atau menurunkan posisi sajian (window 7/8). Rename: Merubah nama Entry. Delete: Menghapus sajian entry.
  3. Ini ialah pilihan untuk memilih mana yang akan menjadi OS default.
  4. Timeout Options (samakan saja dengan yang ada )
  5. Setelah final Klik Save setting.

Langkah 4
Klik View Setting dan akan muncul menyerupai gambar dibawah ini
 Multi boot ialah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer mempunyai lebih dari satu  Instalasi Sistem Operasi Multiboot
Keterangan :
  1. Gambar diatas hasil konfigurasi yang telah lakukan pada "edit boot menu".
  2. Ini ialah detail lengkap Os (entry) yang akan muncul pada pilihan sajian booting.
Untuk instal windowa 7 pada prinsipnya hampir sama dengan cara intal windows 8.
Instalasi Sistem Operasi Multiboot Instalasi Sistem Operasi Multiboot Reviewed by dannz on 10:24 PM Rating: 5