Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan

Cara Mengatasi Lidah Tertelan - “Menelan lidah" tidah hanya merupakan kiasan. Tak seperti "menelan ludah", istilah ini dikenal dengan "tongue swallowing" dalam Bahasa Inggris, yang berarti tergelincirnya bagian belakang lidah terhadap faring (hulu kerongkongan) yang menyebabkan tersedak atau seperti tercekik. Sebetulnya, lidah tak pernah benar-benar tertelan. Jadi, istilah "lidah tertelan" itu adalah istilah yang keliru. Meskipun begitu, istilah ini sudah dikenal luas di dunia medis sehingga masih terus digunakan hingga sekarang.

Keadaan ini dikarenakan flasiditas (kelemahan untuk menahan, pasif) berlebihan pada lidah yang terjadi khususnya ketika tidak sadarkan diri, pingsan umpama. Saat seseorang tidak sadarkan diri, otot-otot mereka bakal meregang. Serta itu juga terjadi di lidah, di mana lidah bakal lemas serta mungkin memblok jalur pernapasan (hulu kerongkongan serta/atau trakea serta/atau batang tenggorokan) orang tersebut.
Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan
Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan

Tertelannya lidah adalah salah satu kejadian sederhana yang dapat mengdampakkan kematian, sebab hulu kerongkongan yang tertutup menyebabkan seseorang yang mengalami tertelannya lidah menjadi tidak dapat bernapas. Faktor ini dikarenakan jalur napas menjadi tertutup, sebab jalur napas, baik saat bernapas dari mulut maupun dari hidung, melalui hulu kerongkongan ini.

Dalam olahraga dengan benturan fisik yang tinggi semacam tinju, rugbi, serta sepakbola, suatu  benturan ke daerah kepala, khususnya dagu, dapat menyebabkan tergigitnya lidah serta/atau tertelannya lidah. Umpama ketika lidah tergigit, pemain dapat saja menjadi tidak sadarkan diri. Alias tanpa tergigitnya lidahpun, pemain dapat saja tidak sadarkan diri jadi menyebabkan lidah tertelan.

Dalam berbagai permasalahan, tertelannya lidah juga dapat terjadi apabila seseorang tetap tersadar. Tetapi biasanya, meskipun hanya dalam hitungan milidetik, seseorang bakal tidak sadarkan diri yang menyebabkan melemasnya otot lidah ini yang membikin tahap belakang lidah menutup jalur pernapasan.

Cara  tepat dan cepat mengatasi tertelannya lidah


Tertelannya lidah akan membuat susah untuk bernapas sehingga penderitanya membutuhkan pertolongan secepatnya, paling lambat adalah 3 menit. Tujuan pertolongan pada penderita tertelannya lidah ialah untuk membuka kembali jalur pernapasan korban, yaitu dengan memaksa mengangkat dagu dan kepala. Cara ini dinamakan "head tilt-chin lift", dan dapat kita tonton seperti di bawah ini:


Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan memasukkan benda khusus untuk mendorong atau menarik lidah agar saluran pernapasan terbuka kembali.


PERHATIAN! Orang yang berusaha menyelamatkan sebaiknya jangan menggunakan tangan mereka sendiri untuk masuk ke dalam mulut korban dalam usaha menggerakkan lidah korban, karena ini bisa berakibat gerakan refleks korban untuk menggigit tangan penolong atau bahkan semakin membuat korban kesulitan dalam membuka jalur pernapasannya lagi melalui lidahnya.
Demikian Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan, dan juga bagaimana cara mudah mengatasi lidah tertelan yang dapat segera kita lakukan saat tiba tiba saja ada kejadian serupa. semoga artikel tentang cara mudah dan cepat mengatasi lidah tertelan bisa memberikan anda sedikit edukasi.
Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Lidah Tertelan Reviewed by dannz on 8:09 AM Rating: 5